11 March 2009

Para Pencari Jodoh

alkisah dalam kehidupan nyata.......... (halah, rung opo2 wis sok ndopok pit...pit...)

gak dinkz. ini fenomena di sekitar saya pribadi. jadi ceritanya, ada 3orang yg cukup dekat dg saya dan beliau2 ini sudah menginjak kepala tiga tapi gak ada yang ngelaporin ke polisi, padahal kan tindak pidana tuh, masak kepala diinjek2, 3 lagi!!wekekek... (opo meneh)

lha rak ngelantur to!! maksud saya tu ya, beliau2 itu udah berumur diatas 30 taun (masak gitu aja pake dijelasin to mbokde!!), tapi belom juga dikaruniai seorang (apalagi 2orang -kekeke-) pendamping hidup.

kasak sana kusuk sini, coba bantu sana bantu sini, berusaha menghubungi lagi orang2 yang sekiranya bisa saya jodohkan ato mungkin punya beberapa person yg bisa direkomendasikan utk saya jodohkan dg beliau2 tsb. tapi nasi sudah menjadi bubur, dikasi kecap jadi bubur kecap, dikasi ayam jadi bubur ayam, dikasih bogem jadi bu....buruan lariiiiiii................ (heh3....rak wangun!!) hehehe, kembali ke topik... tapi ternyata saya gak berhasil!!

dan setelah saya telusuri, saya amat2i, saya korek sana korek sini (termasuk korek2 kuping saya sendiri -sambil bergidik2 geli2 enak, brrr....-), dan diskusi itu ini, sampe pada menyelidiki dg seksama dan dalam tempo selambat2nya, saya menemukan jawaban bahwa kenapa mencarikan jodoh untuk orang lain itu bukan perkara yang gampang.

dan jawabannya adalah.............

satu............

dua............

tiga.............

halah kesuwen!!

dan jawabannya adalah.................

satu.............

dua..............

tiga..............

eh, lha kok dibaleni meneh, pisan ngkas tak jotosi lho pit!!!

(eh3, yo ojo nesu to, iki kan blog2ku dewe, sing nulis aku, yo sak karepku to yow...)

dan jawabannya adalah...........

(saiki serius nda!!)

bahwasanya, para pencari jodoh itu juga punya alasan tersendiri mengapa mereka2 hingga cukup usia (bahkan lebih) belom menemukan pasangan hidupnya.

dan inilah beberapa kesimpulan yang berhasil saya rangkum untuk saya publikasikan di blog saya yg nggak jelas bin nggak penting ini. tapi gak dosa kok kalo mbaca, sumpah!!!

1) keasikan kerja sampe melupakan urusan sosial (baik bermasyarakat, asmara bahkan via dunia maya pun gak ada waktu!!). orang2 kaya' gini biasanya ambisius, over mandiri, kuat, keras, tegas, lugas, cerdas (halah kaya promo caleg ae!!). dan begitu mereka sadar bahwa "it's my time" maka mereka pun merasa diri uda terlambat!!! and then, mereka akan berkonsentrasi untuk hal yg satu itu. mulai dari make over body&face biar terlihat lebih fresh (sunda: presh), cari link sana sini untuk sekedar memperluas jaringan, memperbanyak bertemu dg orang2, menjalin hubungan pertemanan dg lebih banyak orang (baca: cowok), kopdar2, dsb2 yg getu2 dah!! tapi satu hal, walopun mereka udah merasa kudu segera merit (selak keburu exp***d) tapi tetep aja orang2 tipe ini cenderung gak bisa lepas dari sifat pemilih.

2) trauma. bisa jadi karena pernah disakiti cowok, ato karena melihat orang2 di sekelilingnya yang gak berhasil dalam rumahtangga. misal ni: waktu dia kecil ibu'nya yg kerja sdg bapaknya kerjanya cuma marah2in ibu'nya, kakak ceweknya kawin cerai, kakak iparnya tipe orang yg sendiko dawuh tanpa mau b'usaha mengeluarkan pendapat, temen baeknya malah ditinggal pergi entah kemana sama suaminya. jadi deh rasa trauma ini bikin mereka jadi merasa ketakutan utk memulai hidup berumahtangga. yg ada di pikiran mereka adlh bahwa berumahtangga cuma membawa ke'enggaknyamanan ato bahkan penderitaan. parahnya lagi kalo orang2 yg trauma ini punya sifat yang akan disebutkan berikutnya.....

3) tertutup. pengen cepet punya pendamping hidup, tapi gmau b'bagi ke orang lain ttg apa yg diinginkan. hampir sebagian besar orang bertemu dg pasangan hidupnya lewat bantuan orang lain. lha kalo gamau berbagi (sedikit) ttg apa yg disimpan dlm hati, apa yg ada dalam pikirannya, yaaaa sapa juga yg tau dan mo berusaha bantuin. kan takut salah juga. contoh kasus ni: udah trauma, tertutup pula..........waduh kita mana tau yang kau mau?!?!?!?! ceritalah sedikit gals, sapa tau dari yg sedikit itu kalian dapet masukan yang banyak untuk bisa (sedikit) membuka pikiran dan mengubah pandangan bahwa apa yg (banyak) terjadi di sekelilingmu belon tentu akan terjadi juga pada kamu!!!!

4) pemilih. terlalu banyak kriteria. "waduh, kenapa ngenalinnya sama mas2 yang kurus, pendek, kumisan pula!!aku pengennya yg tinggi, besar, tegap, gak kumisan dan bla3...." (yah, belon apa2 uda bikin males yg ngenalin, nape si belom2 uda pisik duluan yg dinilai, kalo mau yg begeto, kawin aja ma tiang lestreeeekkkk). ato.... "aku kan pengennya ada masa2 perkenalan dulu, lha si masnya tadi kaya'e pgn buru2 nikah aja!!enggak ah!!" (padahal belon tentu juga si mas gmau diajak utk saling mengenal dulu!!!prasbur si -prasangka buruk, bukan pak pras bakul bubur-). dsb2 yg getu2 deh!!

5) rendah diri. nobody's perfect. beberapa orang bahkan terlahir dg kekurangsempurnaan yg menonjol. mungkin utk hal2 yang laen mereka confident. berprestasi, punya skill, dsb. tapi seringkali dalam hal perjodohan, mereka merasa rendah diri alias minder. takut akan apa pandangan orang (yg dijodoh2kan dg dia) terhadap dirinya. mereka bisa menerima dan mencintai diri dan keadaannya dg segala kekurangsempurnaan yg menyertai, tapi seringkali pula mereka berpikir "apakah orang lain juga mau menerima kekurangsempurnaan yang jadi satu paket dg keberadaannya". okey gals, GOD is fair, DIA gak akan menciptakan sesuatu kekurangsempurnaan tanpa menyertakan kelebihan. 

6) emang belom niat. -perlu dibahas gak seh kalo nyang enih?!?!?!-

7) pasrah. "kalo udah waktunya, suatu hari nanti pasti jodoh itu dateng juga!!" yah embak, yang namanya apapun juga musti butuh usaha. mask modalnya cuma kepercayaan aja!! jadi inget sama obrolan saya(S) dg teman saya(TS) waktu nunggu bis mo ngurus wisudaan, gini nih:

S:habis wisuda rencana apaan?!

TS: gda rencana apa2 mbak, biar ngalir aja, kan udah diatur, kita tinggal nglakoni

S: ih kamu, masak cowok kok pasrah gitu. kan hidup kudu ada rencana, biar terarah gituu!!

TS: iya juga sih mbak, tapi rizki itu kan udah ada yang ngatur mbak. cecak aja gak nyari makan nyamuknya dateng sendiri. itu kan namanya rizki mbak!!(ih, ada cecak namanya rizki, he3...)

S: yaelah, cecak juga berusaha, kalo dia gak melet, emang tu nyamuk bisa nempel di lidahnya. laperrr deh tu cecak. 

TS: he3..iya juga ya mbak?! (tapi gak pake nyadar kemudian!!dasar)

-nyesel, kenapa saya gak bilang gini yak "lha apa kamu mau setelah wisuda melet2 aja, biar kaya' cecak?!"ha5.....-

_oia, ada tambahan lagi "lha mbok udah daftar aja jadi pegawe kantor pos bagian melet, jadi ga perlu lem buat nempelin perangko, cukup datengin kamu dan........... "hoekkkk....-

ha5....

oke deh sodara2, yang gak sodara juga tetep oke!!he5...

itu tadi sedikit (tapi banyak, berbelit2 plus bertele2) dari hasil pengamatan dan penelitian saya thd para pencari jodoh di sekitar saya. suatu hari nanti, kalo ada bertemu, jadi tempat curhat atopun menempati sendiri posisi para pencari jodoh ini, mungkin hasil pengamatan dan penelitian yg sudah saya publikasikan ini bisa bermanfaat sebage acauan (maksutnya sesuatu yg malah mengacaukan!!!ha5...).

akhir kata, saya ingin menuliskan sedikit kata mutiara (halah)

"jangan menangis saat kau merasa sendiri, menangislah jika kau merasa sendiri di tengah orang2 yg mencintaimu" 

(halah, oleh kata2 seko ngendi meneh!!)

2 comments:

Anonymous said...

untung mbok tulis gals..
gak sido rumongso Bu... :Djarkonmuter

anomitha said...

he he he...aku termasuk sing endi yo Pit?